organisasi standard internasional-gudang milik pt perdana teknik mandiri

Apa itu sistem Hidrolik dan bagaimana cara kerjanya?

Dengan banyaknya penemuan mesin-mesin pada abad ke 18, sistem hidrolik dibuat untuk menggantikan palu uap. Hal ini membuat sistem hidrolik digunakan pada alat-alat seperti derek, elevator, pelabuhan, produksi baja, dll. Sistem hidrolik dibuat berdasarkan Hukum Pascal oleh Blaise Pascal seorang matematikawan berkebangsaan Perancis. Hukum ini menyatakan bahwa cairan yang tertutup dapat menyalurkan tekanan ke seleuruh bagian wadah tanpa mengubah beratnya. Hukum ini memicu penelitian lebih lanjut. Hukum ini mendorong penelitian oleh Joseph Bramah untuk menemukan sistem pres hidrolik pada tahun 1795. Saat ini sistem hidrolik sangat dikenal dan digunakan oleh perusahaan konstruksi, mesin, dan mobil.

Tabung hidrolik adalah alat berbentuk silinder yang ditemukan di dalam sistem hidrolik yang membantu cairan mengalir ke atau dari komponen yang lain. Sistem hidrolik terdiri dari beberapa elemen dengan empat klasifikasi komponen utama yaitu:  pompa, reservoir, katup, dan aktuator. Komponen ini mengatur penyimpanan cairan, pengaplikasian tekanan, perubahan energi, kontrol, dan pergerakan cairan.

Terbuat dari apakah Tabung Hidrolik itu?

Dalam pembuatan tabung hidrolik, ada dua metode yang dapat digunakan – pengelasan dan metode seamless. Proses pengelasan adalah proses menggabungkan bagian-bagian logam dengan bantuan pemanasan. Proses ini melunakkan logam dan memungkinkan pembengkokan logam sesuai dengan bentuk yang diinginkan dengan mudah. Proses ini sudah ada sejak lama dan dapat digunakan dalam berbagai cara.

​Metode seamless digunakan pada saat tabung disambungkan dengan tabung lainnya tanpa adanya jejak pengelasan. Metode ini memungkinkan karena tabung memiliki ulir pada ujungnya, yang membuat tabung dapat disambungkan dengan tabung lainnya melalui ulir tersebut. Pipa seamless lebih kuat dan tahan lebih lama dibandingkan dengan pipa yang dilas. Tabung kami dibuat dengan metode seamless yang membuatnya lebih tahan lama dan kuat untuk menahan lebih banyak tekanan.

Permukaan tabung memiliki finishing NBK (Normalisasi). Dengan metode ini, tabung dipaparkan pada panas yang terkontrol pada sebuah area yang bebas oksidasi untuk memberikan tabung permukaan yang bersinar, halus, dan mengkilat. Bagian luar dan bagian dalam tabung juga dilumasi secara menyeluruh. Dan ion yang meleleh tertinggal untuk kemudian didinginkan setelah proses pemanasan secara alami. Proses ini juga membuat tabung memiliki sifat anti karat dan menambah kekuatan tabung.

Finishing dengan lapisan galvanis juga tersedia untuk tabung ini. Untuk meningkatkan sifat anti karat  tabung hidrolik, seng digunakan sebagai lapisan tambahan pada tabung. Ada beberapa metode pelapisan galvanis, tetapi hot dip adalah metode yang paling banyak digunakan. Metode galvanis hot dip  menggunakan cara menambahkan lapisan seng yang tebal pada tabung yang meleleh, metode ini dilakukan sebelum proses pengecatan. Metode galvanis elektrik dapat digunakan ketika pipa memerlukan lapisan seng yang tipis. (baca lebih lanjut…)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *