air cylinder-ptm2

Kenali Silinder Hidrolik? Intip Penjelasannya

Apa itu silinder hidrolik? Silinder hidrolik juga disebut bagian dari sistem hidrolik. Hidrolik merupakan imbas dari kemajuan teknologi yang bertujuan semata memudahkan pekerjaan manusia, khususnya dalam bidang industri. Silinder hidrolik umumnya dipakai dalam unit alat berat excavator

Pengertian Silinder Hidrolik

Dalam hidrolik, ternyata masih terdapat unit yang dinamakan silinder hidrolik. Apa itu silinder hidrolik? Nah, silinder hidrolik ini dikatakan sebagai unit penggerak atau actuator pada sistem hydraulic alat berat yang berfungsi untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanik atau gerak.

Perlu diingat, silinder hidrolik merupakan atuaktor mekanik yang menghasilkan gaya searah melalui gerakan stroke yang searah. Alat ini menjadi salah satu bagian dari sistem hidrolik selain pompa dan motor hidrolik. Jika motor hidrolik mengubah tekanan fluida hidrolik menjadi gerakan putar, maka silinder hidrolik menghasilkan gerakan stroke yang searah.

Dari mana silinder hidrolik mendapatkan tenaga atau gaya?

Ternyata, silinder hidrolik mendapatkan gaya dari fluida hidrolik bertekanan. Hal ini dikarenakan dalam silinder hidrolik, terdapat piston yang terhubung dengan rod yang dapat bergerak maju dan mundur bergantung pada sisi mana yang diisi oleh fluida hidrolik bertekanan. Besar tekanan yang digunakan berbeda pada kedua sisi silinder, bergantung pada beban, luas penampang silinder dan sisi rod-nya.

Bagian Silinder Hidrolik

silinder part

Kenali satu persatu bagian dari silinder hidrolik berikut ini;

1. Silinder Barel

Bagian yang pertama terdapat silinder barel yang menjadi sisi terluar yang sering kita lihat dari luar. Proses permesinan pada sisi dalamnya didesain presisi sesuai dengan komponen yang lain.

2. Piston

Bagian silinder selanjutnya terdapat piston. Part ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara kedua sisi ruang silinder. Piston berhubungan langsung dengan fluida hidrolik yang memiliki luas penampang tertentu. Luas penampang inilah yang mengubah tekanan hidrolik menjadi gaya tertentu yang besarnya sesuai dengan rumus umum yang telah ditentukan.

Baca juga :  Kenali Beberapa Jenis Silinder Hidrolik Pada Mesin Anda

Rumusnya yakni ; F = P • A

F = Gaya

P = Besar Tekanan Fluida Hidrolik

A = Luas Penampung Piston

3. Piston Rod

Berikutnya, terdapat bagian silinder memanjang yang disebut dengan piston rod. Salah satu ujungnya terkoneksi langsung dengan piston, dan sisi lainnya terkoneksi dengan peralatan lain yang digerakkan. Bagian inilah yang meneruskan gaya yang timbul akibat tekanan fluida hidrolis ke alat lainnya yang terhubung.

4. Sistem Seal/Gland

Beberapa bagian dari silinder hidrolik terpasang sistem seal yang umumnya berbahan karet, untuk mencegah kebocoran fluida hidrolik. Pada sisi piston terpasang seal untuk mencegah fluida kerja berpindah dari sisi satu ke yang lainnya, sehingga dapat mengganggu kerja silinder hidrolik. Pada sisi piston rod terpasang sistem seal yang fix pada sisi barel sebelah dalam untuk mencegah kebocoran fluida hidrolik yang berada pada ruang sisi piston rod.

Itulah ulasan mengenai pengertian silinder hidrolik dan bagian-bagiannya. Mau mendapatkan silinder hidrolik yang berkualitas? Langsung aja klik disini. Jangan sampai anda menggunakan slinder hidrolik abal-abal. Pastikan kualitas barang terjaga untuk kenyamanan., salah satunya dengan tanyakan kepada ahlinya.

Ativador Windows 8.1



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *